Ini Dia Smartphone di Tahun 2012

Sejak munculnya smartphone pertama (Apple iPhone di tahun 2007), kemampuan “handphone pintar” terus mengalami kemajuan pesat. Dari satu prosesor, dikembangkan menjadi dua prosesor. Resolusi tampilan pun diracik sampai melebihi batas kemampuan mata manusia.

Meski begitu, bukan berarti teknologi smartphone akan berhenti sampai di situ. Kita lihat apa yang akan ditanamkan dalam smartphone pada tahun 2012.

1. Prosesor Quad Core




Bila 2011 merupakan tahun dual-core, pada tahun 2012 akan ditanam prosesor quad-core ke perangkat smartphone. Sebut saja Nvidia Tegra 3, prosesor ini dikatakan lima kali lebih cepat dari dual-core (Tegra 2 sudah memulai debutnya di tahun ini). Qualcomm sendiri berencana meluncurkan quad-core Snapdragon CPU berkecepatan hingga 2.5GHz dengan quad-core prosesor grafis Adreno untuk gaming. 

2. Membawa NFC




Dengan teknologi NFC (Near Field Communication), smartphone di tahun 2012 akan bisa dijadikan alat dalam pembayaran. Seperti halnya Google Wallet yang akan banyak memiliki kompetitor di tahun depan. Para operator nirkabel di luar negeri telah bersatu untuk mendukung sistim ini yang disebut dengan Isis. 

Apple berencana akan melengkapi iPhone dengan NFC. Sedangkan Research In Motion menyertakan kemampuan NFC pada BlackBerry Bold 9900 dan BlackBerry Curve 9350/9360/9370.

3. Standar Display Resolusi 720 Pixel HD




Samsung Galaxy Nexus dan HTC Rezound adalah salah satu smartphone pertama yang tampilan display-nya 720pixel (1280 X 720pixel). Tahun depan, diperkirakan resolusi tampilan layar tersebut menjadi standar buat semua smartphone kelas high-end. Para produsen handphone pun akan memutar otak untuk menempatkan resolusi tersebut ke display yang ukurannya lebih kecil dari 4,3 inch.

4. Teknologi LTE



Tahun 2011 merupakan masa percobaan buat 4G LTE, yang menawarkan kecepatan sambungan internet melalui jaringan 3G. Verizon sudah mencoba LTE pada HTC Thunderbolt dan Samsung Droid, namun teknologinya masih belum bagus karena ketika LTE dihidupkan, batere akan cepat habis. 

AT&T baru akan mengembangkan LTE, sedangkan Sprint akan meluncurkan LTE di awal 2012. Sehingga diharapkan LTE akan menjadi jaringan internet standard buat smartphone di tahun depan. Mudah-mudahan para operator dan produsen handphone dapat menemukan cara agar LTE bisa lebih menghemat batere.

5. Kontrol Suara
Setelah peluncuran Siri di iPhone 4S Apple, Google dan Microsoft berlomba untuk menanamkan teknologi serupa di platform smartphone mereka. Apple sendiri berencana akan membuat Siri sebagai asisten pribadi virtual melalui aplikasi pihak ketiga pada tahun 2012.

6. Minus Pengembangan Batere




Bila kekuatan prosesor terus bertambah, kualitas layar semakin baik, dan peralihan data semakin cepat, tapi sayangnya di tahun 2012 nanti tidak ada pengembangan teknologi batere yang berarti. Batere yang bertenaga besar untuk bersanding dengan smartphone 2012 masih dalam mimpi.

Namun, beberapa produsen sudah berusaha untuk mencari cara agar smartphone lebih hemat batere. Prosesor Nvidia Tegra 3, misalnya, memiliki inti kelima tersembunyi yang menarik sejumlah kecil baterai untuk tugas-tugas dasar. Sedangkan Motorola Razr Droid dapat mematikan baterai sebagai fungsi otomatis untuk menghemat daya. Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Ini Dia Smartphone di Tahun 2012"

Back To Top