Kapal Korban Tsunami Jepang di Temukan di Kanada

Tsunami yang melanda Jepang setahun lalu rupanya masih menyisakan kenangan-kenangan hingga ke negara lain. Sebuah kapal berbendera Jepang ditemukan terapung di perairan barat Kanada. Kapal ini diyakini menjadi barang ukuran besar pertama dari jutaan ton benda tersapu tsunami yang selamat menyeberangi lautan Pasifik.

Sebuah pesawat yang tengah berpatroli di sekitar perairan Provinsi British Columbia itu melihat kapal tersebut mengapung di titik 275 km dari Kepulauan Haida Gwaii, Jumat (23/3). Berarti kapal tak berpenghuni yang terdaftar sebagai pengangkut barang asal Hokkaido itu hanyut sejauh 7.500 km. Kapal yang digunakan untuk memancing cumi itu ditambatkan di Hachinohe, prefektur Aomori, ketika terjadi tsunami.
 

Kementerian transportasi Kanada mengawasinya untuk memastikan agar benda ini tak menganggu lalu lintas pelayaran setempat. Selain itu juga meneliti apakah ada kebocoran dari kapal yang dapat membahayakan lingkungan. Kapal berbadan sepanjang 15 meter ini diperkirakan akan terus mengapung lambat ke arah selatan.
 

Sejumlah peneliti di Universitas Hawaii mengatakan, tsunami yang terjadi Maret tahun lalu itu diperkirakan mengumpulkan 25 juta ton sampah dan puing. Ada 4-8 juta ton diantaranya terbawa air laut, sementara 1-2 juta ton lainnya sampai kini masih mengapung di permukaan laut. Sampah dan puing ini diduga tidak akan menyentuh daratan benua Amerika Utara hingga Maret 2014.

Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Kapal Korban Tsunami Jepang di Temukan di Kanada"

Back To Top