Terlalu Banyak Gula Bikin wajah Cepat Tua


Selain bisa menyebabkan penyakit diabetes, mengkonsumsi gula secara berlebihan ternyata bisa membuat wajah seseorang gampang menua.

Fakta ini dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari Leiden University Medical Center di Belanda dan perusahaan Unilever di Inggris.

Mereka melakukan uji coba terhadap sekitar 600 orang pria dan wanita yang berusia antara 50-70 tahun. Peneliti mengambil sampel darah untuk mengukur tingkat kadar gula dalam darah dan memfoto seluruh wajah mereka.



Setelah itu, peneliti membawa foto tersebut dan menunjukkannya kepada 60 orang independen. Hasilnya mereka menemukan responden yang memiliki kadar gula lebih tinggi terlihat lebih tua. Bahkan setiap kenaikan 1 milimiter/liter gula di dalam tubuh akan membuat mereka tampak lebih tua 5 bulan.

Agar memperkuat hasil studi ini, para peneliti juga menilai berbagai faktor lain, seperti kebiasaan merokok.

"Semakin banyak kandungan glukosa dalam darah maka orang semakin terlihat tua." ujar Dr David Gunn, seorang ilmuwan senior dari Unilever yang terlibat dalam penelitian.

Temuan tersebut juga diamini oleh beberapa pakar kosmetik terkemuka dimana konsumsi gula terlalu banyak akan membuat wajah terlihat lebih tua.

"Tidak ada gunanya menghabiskan banyak uang untuk membeli krim kulit yang mahal jika anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Memang benar, anda bisa melindungi kulit dari luar menggunakan krim, tapi anda juga butuh memberikan asupan dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit yang bagus dan kuat dari dalam. Dan faktanya, gula akan mensabotase proses itu," kata pakar dermatologi kosmetik di Harley Street Skin Clinic, Dr Aamer Khan. 
Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Terlalu Banyak Gula Bikin wajah Cepat Tua"

Back To Top