8 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Merencanakan Kehamilan

Sebelum memutuskan untuk hamil ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai diri dan tubuh Anda untuk menjalani kehamilan yang sehat. Informasi-informasi tersebut dapat mengurangi resiko kehamilan yang sulit, persalinan prematur, berat badan bayi yang rendah, dan bahkan kematian bayi.

Berikut ini 8 hal yang harus Anda ketahui sebelum hamil:

1. Komunikasi
Sebelum merencanakan kehamilan pastinya Anda berbincang dengan suami. Kapan sebaiknya kehamilan dilakukan, bagaimana kondisi keuangan dan rencana jangka panjang. Itu semua dilakukan untuk menghindari konflik dan masalah.

2. Mengetahui sejarah keluarga
Ini merupakan hal penting untuk diketahui sebelum Anda memutuskan untuk mengandung. Apakah ada sejarah kelahiran yang dini, penyakit jantung atau penyakit mental yang diderita keluarga Anda maupun keluarga pasangan Anda. Informasi ini harus disampaikan ke dokter yang memeriksa Anda, agar dia dapat mengantisipasi keadaan kehamilan Anda.

3. Lakukan check-up
Ada baiknya sebelum memutuskan untuk hamil Anda melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memastikan apakah Anda sudah cukup sehat untuk mengandung bayi. Mengetahui adanya masalah lebih awal merupakan cara yang terbaik daripada setelah berada di minggu-minggu awal kehamilan.

4. Perbanyak mengkonsumsi asam folat
Asam folat berperan penting untuk mencegah melahirkan bayi yang cacat. Sebelum hamil, tubuh Anda disarankan sudah terkandung banyak asam folat. Vitamin ini bisa ditemukan pada bayam, kacang kering, dan kacang polong.

5. Tinggalkan kebiasaan buruk
Jika Anda perokok, sering menggunakan obat-obatan dan minum alkohol. Anda diharuskan untuk berhenti dari hal-hal tersebut, agar tubuh dapat membersihkan diri dari kemungkinan adanya racun. Memiliki gaya hidup sehat merupakan salah satu tahap awal yang harus dilakukan sebelum Anda hamil.

6. Mengkonsumsi makanan sehat
Gaya hidup sehat berarti Anda diharuskan memakan makanan yang sehat. Karena tubuh orang yang mengandung membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi dari sebelumnya.

7. Stop mengkonsumsi pil KB
Beberapa bulan sebelum hamil, Anda diharuskan untuk benar-benar berhenti mengkonsumsi pil ini. Karena dapat membahayakan bayi dan untuk menghilangkan efek hormonal dari sistem tubuh Anda.

8. Memeriksa kembali asuransi Anda atau suami
Lihat dan pastikan polis asuransi yang Anda atau suami miliki. Untuk mengetahui berapa biaya yang ditanggung oleh kantor, dan berapa biaya yang Anda harus bayar sendiri. Periksa juga apakah rumah sakit dan dokter kandungan ditunjuk untuk menerima asuransi.
Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "8 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Merencanakan Kehamilan"

Back To Top