Bayi Ini Lahir dengan 6 Kaki di Pakistan



Seorang bayi bertahan hidup di rumah sakit, Pakistan, setelah ia lahir dengan jumlah kaki yang tidak biasa seperti bayi manusia pada umumnya, yakni memiliki enam kaki.

Dilansir Emirates247, Kamis (12/7/2012), menurut AFP, bayi itu lahir pekan lalu dan merupakan kembar siam. "Bukan satu bayi sebenarnya, mereka adalah dua, salah satunya adalah prematur," ujar Director of National Institute dari Child Health, Jamal Raza di Karachi, Pakistan.

Doktor di institut tersebut berjuang demi menyelamatkan bayi yang baru lahir itu. Bayi tersebut kini berada di ruang unit perawatan intensif di rumah sakit.

Raza mengatakan bahwa dokter berencana untuk melakukan operasi pada bayi laki-laki itu dan mempertimbangkan untuk meminta bantuan dari para ahli dari luar negeri, di bidang operasi atau pembedahan bayi kembar siam.

Kelainan yang menimpa bayi ini tergolong langka dan diyakini memiliki perbandingan satu dari sekian juta bayi yang lahir. "Para doktor yang memeriksa bayi merencanakan pengobatan yang diperlukan untuk menyelamatkan nyawa sang bayi. Memastikan ia bisa hidup normal," tulis pernyataan dari departemen kesehatan provinsi setempat.

Sang ayah, Imran Shaikh yang bertempat tinggal sejauh 450 kilometer dari kota Karachi mengungkapkan rasa syukurnya karena anaknya sedang dirawat. Hanya saja, ia merasa bahwa dirinya kurang mampu untuk membayar perawatan bayinya itu.

Wikipedia menerangkan, kembar siam adalah keadaan anak kembar yang tubuh keduanya bersatu. Hal ini terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik itu gagal terpisah secara sempurna. Secara garis besar, kembar dibagi menjadi dua, yakni Monozigot (kembar yang berasal dari satu telur) dan Dizigot (kembar yang berasal dari dua telur).

Istilah kembar siam berawal dari pasangan kembar siam terkenal Chang dan Eng Bunker (1811-1874) yang lahir di Siam (sekarang Thailand). Kasus kembar siam tertua yang tercatat adalah Mary dan Eliza Chulkhurst dari Inggris yang lahir pada tahun 1100-an.


Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Bayi Ini Lahir dengan 6 Kaki di Pakistan"

Back To Top