Darimana Untung Facebook?

Lama juga saya tidak hadir disini, untuk mengupdate sedikit tulisan segar, ya meski tak ada yang membacanya. Jika sebenernya kita kreatif untuk menulis banyak hal yang bisa kita tulis, namun begitupun banyak hal yang bisa di tulis tetap saja perkara menulis dan soal update mengupdate blog menjadi kesulitan utama saya.

Kebetulan hari ini saya berbincang - bincang dengan seorang teman. Beliau bertanya ? apa sih keuntungan microsoft itu sebenarnya? dari mana penghasilannya. Begitu juga google dari mana penghasilannya ? tak kalah juga facebook, dari mana facebook menghasilkan uang? 

Pertanyaan senada bisa juga hadir di pikiran kita? misalnya saja google yang memberikan space email yang cukup besar sekitar 7 GB dan bisa bertambah, bukankah ini hal yang sia-sia memberikan space hardisk server kepada siapa saja. Apa untungnya bagi mereka?

Terlebih lagi beberapa vendor email terkenal seperti gmail. yahoomail saling perang vitur dan space yang di tawarkan kepada pelanggan, ada vitur yang di tawarkan secara gratis ada juga vitur khusus yang bisa didapatkan jika kita membayar sesuai harga vitur yang kita inginkan, contohnya, yahoomail memberikan service pop3nya hanya jika kita membayar service tersebut, jika kita hanya menggunakan email versi gratis (sebut saja begitu) vitur pop3 secara default di matikan. Apa itu pop3, pendek katanya saja pop3 di gunakan agar kita bisa membuka email dan berkirim email via microsoft outlook. Atau software pembuka email lainnya. Seperti thunderbird. 

Jika yahoomail memberikan service  pop3 aktive jika kita memesan dan membayarnya, berbeda pula dengan google mail / gmail. Gmail memberikan service pop3 secara gratis kepada pelanggannya yang berstatus gratis. Bahkan hebatnya pula gmail memberikan kita kesempatan untuk menggunakan domain sendiri sebagai email, seperti email saya gun@mandailingnatal.com  service email tersebut berjalan di platformnya google mail. Yang juga versi gratisan, jika versi berbayar tentu beda vitur beda jumlah usernya.

Soal perang vitur dan tawaran - tawaran yang di berikan pada pelanggan tak hanya diam di soal vitur, pengembangan - pengembangan lainnya pun saling bersaing dan menyaingin baik google, facebook, yahoo dan web - web lainnya. Apa yang mereka harapkan dari itu ?. Apa ke untungannya?

Secara simple kita bisa saja membayangkan sebuah tv swasta di negeri ini, jika kita berpikir apa yang mereka dapatkan dari televisinya, mereka membayar karyawan, membayar wartawan, membayar segala macam yang di butuhkan untuk siaran, lucunya ada pula tv swasta yang hanya sibuk dengan berita, nyaris dan tak pernah menayangkan film untuk di tonton. Lantas apa ke untungan mereka? dari mana mereka membayar gaji karyawannya ? 

Jika tv yang mereka harapkan semakin banyak pemirsanya, jika content web semakin banyak visitornya. Prinsifnya sama seperti yang kita tau, makin banyak visitor, makin banyak permirsa. Berarti makin besar kesempatan menjual sesuatu. Menjual berarti mengharap keuntungan. 


Kalau ada yang ingin menambahi keuntungan facebook/ google/ yahoo, mereka dapatkan darimana?  Silahkan..!!
Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Darimana Untung Facebook?"

Back To Top