Fitur Baru Blogger, Custom Permalink

Blogger kembali berinovasi dengan menambah maupun menyempurnakan  fitur-fitur yang sudah mereka berikan. Yang dulunya sering dikeluhkan oleh para pengguna blogger karena kurang lengkapnya fitur untuk SEO. Untuk menjawab keluhan dari para penggunanya, Blogger telah menambahkan fitur seperti meng-edit robot.txt, menambah meta description, threaded comments, breadcrumbs yang bisa terindeks di Google, dan di tahun 2012 blogger merilis tampilan terbaru dashboard mereka. 
Dan kini blogger kembali merilis fitur terbaru yang tentunya sudah ditunggu-tunggu oleh para blogger yaitu Custom Permalink/Edit URL Posting. Dengan hadirnya fitur baru ini kita bisa merubah permalink blogger sesuai dengan yang kita inginkan namun kita hanya bisa merubahnya ketika artikel belum di publikasikan, jika artikel sudah dipublikasikan maka fitur ini tidak akan bisa dipergunakan.
Fitur Custom Permalink ini masih dalam taraf beta dan anda bisa menggunakan fitur Custom Permalink dengan menggunakan draft blogger.

Untuk mencoba fitur baru Custom Permalink Blogger silahkan ikuti langkah berikut

1. Buka Draft Blogger



2. Buka Post, lihat disamping kanan post editor ada pilihan Tautan Permanen

3. Pilih URL Khusus, kemudian buat permalink yang anda inginkan. Pisahkan antar kata permalink dengan karakter minus ( – ) agar lebih SEO friendly, menggunakan karakter ( - ) sangat direkomendasikan
Setelah anda menentukan permalink, silahkan untuk memposting artikel, untuk judul artikel terserah anda karena tidak akan mempengaruhi perubahan permalink yang dihasilkan.
Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari fitur custom permalink dalam versi beta ini :

1.Jumlah karakter dalam permalink terbatas
Jumlah karakter dalam permalink bisa mencapai sekitar 45-80 karakter, disesuaikan dengan panjang karakter url blog secara keseluruhan. Semakin panjang nama blog, semakin sedikit pula  jumlah karakter yang bisa dibuat dalam custom permalink.

2.Tidak bisa mengkustom secara keseluruhan
Tidak seperti wordpress, yang bisa merubah struktur  permalink secara keseluruhan. Dengan itur Custom Permalink ini kita hanya bisa merubah kata saja misalnya

Kita hanya bisa merubah kata Custom-pemalink-untuk-seo-pada.html saja, untuk  (2012/07/ ) Fitur ini disebut url rewrite, dan keduanya adalah fitur yang jauh berbeda. Fitur ini melibatkan htaccess, dan Blogger tidak mengizinkan/menyediakan akses ke sana (cPanel). Blogger juga tidak mengizinkan penggunaan plugin/addon.

3.Hanya bisa digunakan sebelum posting dipublikasikan
Fitur Custom Permalink blogger hanya bisa digunakan jika posting belum dipublikasikan, jika postingan sudah dipublikasikan maka anda sudah tidak bisa menggunakan fitur custom permalink blogger ini.
Walaupun ada beberapa kekurangan, Fitur custom permalink blogger ini sangat dianjurkan untuk keperluan SEO agar kata kunci anda tidak terpotong hanya karena keterbatasan permalink.

Sekarang terserah kepada anda karena pilihan ada di tangan anda untuk membuat URL Permalink, Blogger telah memberikan kita opsi untuk membuat URL Permalink, memang untuk sementara kita hanya dapat membuat custom Permalink dari Draft Blogger karena ini masih tahap percobaan (Beta) mungkin tidak lama lagi akan di-update sehingga bisa di akses dari blogger.com :)
Gambir Serawak
0 Komentar untuk "Fitur Baru Blogger, Custom Permalink"

Back To Top