Menyamarkan Jerawat

Kehadiran jerawat di wajah yangmengganggu, dapat disamarkandengan make up. Munculnya jerawat di wajah tentu membuat kaum perempuantidak percaya diri. Maklum, selain membuat tekstur wajah jadi kurang mulus, jerawat apalagi yang meradang biasanya disertai rasa nyeri. Hingga mereka berusaha segeramenghilangkannya dengan berbagai cara. Cara paling aman adalah mengonsultasikannya ke dokter, sehingga dokter akan memberikan obat yang tepat. Namun, pengobatan jerawat tentu membutuhkan waktuhingga jerawat benar-benar kering. Selama itu, mau tidak mau jerawat tetap ada di wajah. Karena itu, di butuhkan trik untuk menyamarkan jerawat agar wajah tetap terlihat mulus.

      Hal itu juga diakui oleh make up artist dan Lutuye Salon Fikri Heirin Zein. Jerawat di wajah memang bisa disamarkan dengan make up. Tapi, itu tidak menyembuhkan. Selain itu, setelah ditutupi jangan lupa membersihkan make up setelah beraktivitas. Selanjutnyamelakukan pengobatan yang tepat. Dengan begitu, jerawat akan segera hilang.
      Pada dasarnya ada tiga item make up yang dapat digunakan untuk menutupi jerawat, yaitu concealer, foundation, dan bedak. Concealer, foundation dan bedak mampumenyamarkan jerawat di wajah. Namun, sebaiknya pilih merek kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit berjerawat. Selain itu, gunakan produk dengan label oil free dan non comedogenic (tidak menyumbat pori-pori) agar tidak menambah parah dan memperbanyakjerawat. Berikut ini trik menggunakan produk make up untuk menyamarkan jerawat:
  1. Concealer
    Concealer adalah item paling penting untuk menutupi jerawat, bekas jerawat maupun noda-noda lain di wajah. Concealer yang beredar di pasaran bisa berbentuk stik, krim, dan cair. Untuk menutupi jerawat dan noda-noda di wajah, pilih concealer dengan warna satu tone di atas warna kulit. Untuk concealer berbentuk cair dan krim, aplikasi terbaik adalah menggunakan spons. Caranya, oleskan hanya pada bagian yang berjerawat menggunakan spon, kemudian ratakan dengan cara menekan-nekan di area yang ingin ditutupi. Sebaiknya oleskan concealer hanya pada bagian yang berjerawat besar, karena jerawat kecil-kecil akan bisa tertutup denganfoundation. Sedang untuk concealer bentuk stik, cukup oleskan stik langsung ke area yang berjerawat atau bernoda, kemudian ratakan juga dengan spon dengan cara menekan-nekan. Hindari mengaplikasikan dan meratakan concealermenggunakan jari, karena selain kurang steril hasilnya juga kurang merata.
  2. Foundation
    Setelah concealer diaplikasikan di bagian wajah yang berjerawat, lanjutkan denganmengoleskan foundation tipis-tipis keseluruh kulit wajah. Foundation bisa membuattekstur kulit yang berjerawat terlihat rata. Jerawat kecil-kecil yang umumnya terdapat di seluruh bagian wajah yang tidak bisa ditutupi dengan concealer, bisa ditutupi dengan foundation. pilih foundation sewarna dengan warna kulit agar tetap terlihat natural. namun, hindari pemakaian terlalu tebal, karena wajah akan terlihat seperti topeng dan malah akan menyumbat pori-pori wajah.
  3. Bedak
    Bedak adalah sentuhan akhir setelah memakai concealer dan foundation. Untuksehari-hari, sebaiknya pilih bedak tabur diatas concealer dan foundation, karena tidak terlalu berat di kulit yang berjerawat. Namun, bagi perempuan yang tidak ingin repot memakai foundation dan bedak tabur, bisa menggunakan bedak padat yang mengandung foundation (two way cake) di atas concealer yang menutupi jerawat kecil-kecil, two way cake yang mengandung founddation bisa meratakan tekstur kulit yang berjerawat.

      Untuk mendapatkan tampilan wajah yang sempurna, ada beberapa make up yang harus dihindari saat wajah berjerawat. Berikut ini diantaranya:
  • Blush On
    Blush on berwarna cerah seperti pink atau orange bisa membuat jerawat yang ada di area yang biasa memakai blush on, akan makin jelas terlihat.
  • Shimmering
    Semua make up yang mengandung shimmer akan bersifat mencerahkan danmengilapkan, sehingga harus dihindari ketika wajah sedang berjerawat. Shimmering powder atau make up lain seperti bedak atau blush on yang mengandung shimmer sebaiknya dihindari. Sebab, wajah akan menjadi mengilap dan akan semakinmenonjolkan jerawat.
  • Make Up Terlalu Tebal
    Pemakaian foundation dan bedak yang terlalu tebal sebaiknya dihindari jika kulit wajah sedang berjerawat. Sebab, make up yang terlalu tebal akan menutupi pori-pori. Jika terlalu sering atau lama, pemakaian make up yang terlalu tebal bisa menyebabkan jerawat yang sudah ada makin meradang atau merangsang tumbuhnya jerawat baru.
Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Menyamarkan Jerawat"

Back To Top