Warga Penganut Aboge Mulai Puasa Hari Ini

Warga Penganut Aboge Mulai Puasa Hari Ini - Penganut aliran Alif rebo wage (Aboge) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mulai berpuasa Ramadan 1432 hijriah, Selasa 2 Agustus 2011. Awal puasa mereka lebih lambat sehari dibanding umat Islam kebanyakan dan keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama, yang jatuh pada 1 Agustus.

Komunitas Aboge ini merupakan bagian dari Jamiyyah Ahli Thoriqoh Satoriyah An Nahdliyyah. “Kami mulai puasa hari ini. Dasarnya perhitungan dalam jadwal tahun huruf yang kami miliki. Awal Ramadan jatuh pada Selasa Paing,” ujar Mohammad Rudy, pimpinan Jamiyyah Ahli Thoriqoh Satoriyah An Nahdliyyah Cabang Madiun.

Penganut Aboge
Menurut dia, perhitungan bulan tersebut dikolaborasi dengan hitungan hari-hari penanggalan Jawa dalam pelaksanaan hari-hari besar Islam. Istilah Alif rebo wage diambil dari perhitungan bahwa dalam kurun waktu delapan tahun atau satu windu terdiri dari tahun alif, ha, jim, awal, za, dal, ba, wawu, dan jim akhir.

Muharam sebagai bulan awal tahun Islam disebut tahun alif yang dimulai pada Rabu Wage. Maka acuan awal tahun mereka disebut Alif rebo wage yang disingkat Aboge. “Pada 2011 ini masuk dalam tahun huruf be (ba). Dalam tahun be, puasa jatuh pada Selasa Paing dan puasa akan tetap dijalankan selama 30 hari,” katanya.

Karena perbedaan awal puasa ini, pengikut Aboge juga akan berbeda dalam menentukan Hari Raya Idul Fitri. “Menurut perhitungan kalender kami Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis Paing, 1 September 2011,” kata Rudy yang biasa di panggil Ki Suwung ini.

Menurutnya, jumlah penganut Aboge di Kabupaten Madiun mencapai 3.000 orang yang tersebar di beberapa kecamatan antara lain Mejayan, Pilangkenceng, Saradan, Geger, Dagangan, dan Kebonsari.

Bagi anda yang membutuhkan informasi jadwal waktu sholat 2011 dan sekaligus jadwal puasa 2011 serta doa niat berbuka puasa maupun doa niat puasa yang diterapkan di seluruh indonesia bisa klik pada kata yang sudah saya tandai,dan berikutnya anda akan menuju sumber halaman tersebut. Gambir Serawak
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Warga Penganut Aboge Mulai Puasa Hari Ini"

Back To Top